Penyebab Kulkas Satu Pintu Tidak Dingin


Kulkas satu pintu merupakan lemari pendingin yang cara kerjanya lebih sederhana dibanding dengan lemari pendingin yang lainnya. Kulkas satu pintu tidak dilengkapi dengan alat bantu sirkulasi udara seperti fan dan defrost sebagai penghilang frost secara otomatis, sehingga kerusakan yang terjadi pada kulkas satu pintu kebanyakan pada sistem refrigran. Berikut ini merupakan beberapa penyebab kulkas satu pintu tidak dingin yang sering terjadi:

  1. Terjadi kebocoran refrigran atau freon pada sistem refrigran yang mengakibatkan proses pendinginan tidak berjalan dengan baik sebab tidak adanya refrigran sebagai media perpindahan panas dari dalam kulkas menuju luar kulkas.
  2. Terjadi kerusakan pada kompresor yang mengakibatkan sirkulasi refrigran tidak maksimal, sehingga proses pendinginan akan berkurang bahkan tidak dingin sama sekali tergantung seberapa parah kerusakan kompresor tesebut.
  3. Terjadi kebuntuan pada sistem refrigran yang mengakibatkan proses sirkulasi refrigran tidak lancar. Buntu pada sistem refrigran biasanya terjadi pada pipa kapiler sebab diameter lubang pipa kapileh lebih kecil dari ada diameter pipa yang lainnya.
  4. Kerusakan pada rangkain kelistrikan yang meliputi seluruh komponen listrik seperti PTC, thermostat, dan overload. Komponen-komponen tersebut memiliki fungsi masing-masing yang sangat penting sehingga jika terjadi kerusakan pada salah satu komponen tersebut akan mengakibatkan kulkas tidak dingin.
  5. Pintu kulkas tidak tertutup dengan rapat hal ini biasanya terjadi karena karet pintu pada pintu kulkas sudah tidak rata atau sobek yang mengakibatkan udara dingin yang berada didalam kulkas bertukar dengan udara diluar kulkas sehingga mengakibatkan temperatur rendah didalam kulkas sulit tercapai.

Atau untuk dua pintu lihat di sini

 Berbicara masalah Kulkas yang memang tidak asing lagi, karena boleh di bilang sudah pasti bukan suatu barang mewah, ada yang menggunakan jenis kulkas satu pintu ( alias yang bersalju/berbunga es ) dan ada juga yang menggunakan dua pintu atau lebih ( tidak bersalju ). Nah disini kami mencoba untuk berbagi informasi kepada pembaca semua tentang kendala, atau problem apa yang sering kali terjadi pada unit kulkas dua pintu sehingga mengakibatkan tidak dinginnya kulkas tersebut. Dan perlu kita ketahui komponen dasar apa yang ada pada kulkas dua pintu dan sedikit cara penanggulangannya:

1- Thermo-Fuse terletak / menempel langsung di Evapurator kulkas. Cek pada pintu atas kebanyakan Evapurator saat ini, cabut kedua ujung kabel Thermo-fuse tersebut kemudian hubungkan pada pada multytester dengan ukuran x1 ohm atau x10 ohm, jika pada jarum multytester bergerak naik menunjuk suatu angka itu berarti komponen Themo-fuse masih normal, tetapi jika sebaliknya jika jarum multytester tidak bergerak naik sama sekali itu sama dengan rusak segera ganti yang baru.
Tidak di anjurkan buat pengguna / pemakai kulkas untuk menangani hal ini, Call Teknisi.

2- Timer Kulkas ini terletak di berbagai macam tempat, seperti di samping Compressor kulkas dan juga ada yang di dalam pintu bawah kulkas berbarengan dengan Thermostart Lampu penerangan kulkas. Kalau mau cek kondisi komponen tersebut silahkan lepaskan ke empat kabel yang terhubung dan satu hal jangan lupa beri tanda / label pada kabel satu persatu, di maksud adalah untuk memudahkan pemasangannya kembali. Pada body Timer kulkas terdapat angka 1-2-3-4, pada kebanyakan Timer kulkas 1 dan 3 adalah untuk arus motor rotary ( berputarnya motor Timer ), silahkan Anda test kaki yang nomor 1 dan 3 dengan menggunakan multytester (gunakan skala x10 ohm atau x100 ohm) dan jika jarum bergerak naik menunjuk suatu angka itu berarti kumparan motor Timer tidak rusak, setelah itu silahkan Anda coba dengan hati-hati hubungkan kedua kaki Timer yang nomor 1 dan 3 ke Arus listrik langsung (220 volt) kemudian lihat di body Timer tersebut sebuah kotakan kecil transparan di maksud adalah untuk melihat putaran roda bergigi, dan jika masih berputar berarti Timer kulkas tersebut masih bisa di pakai tetapi kalau tidak berputar berarti minta ganti yang baru.
Tidak di anjurkan buat pengguna / pemakai kulkas untuk menangani hal ini, Call Teknisi.

3- Thermo Defrost terletak pada Evapurator kulkas, Lepaskan kedua ujung kabel tersebut kemudian taruh pada kulkas lain yang masih menyala atau di gunakan dan letakan di suhu minus / preezer kulkas kemudian tinggalkan barang beberapa menit (kurang lebih 5 s/d 10 menit. Jika sudah lalu test kedua ujung kabel tersebut dengan kedua ujung stik multytester dengan ukuran x1 ohm atau x10 ohm, kalau jarum bergerak naik menunjuk suatu angka itu berarti masih normal / berfungsi, tetapi jika jarum tidak bergerak sama sekali berarti Komponen tersebut sudah rusak, ganti dengan yang baru.
Tidak di anjurkan buat pengguna / pemakai kulkas untuk menangani hal ini, Call Teknisi.

4- Motor Fan ini tersimpan di sekitar / area dimana disitu terletak Evapurator kulkas. Lepsakan kabel yang terhubung pada kedua kaki Motor Fan kemudian ambil multytester lalu tempelkan kedua stik multytester tersebut pada dua kaki Motor Fan ( non polaritas ) tersebut, gunakan skala x10 ohm, jika jarum bergerak naik menunjuk suatu angka itu berarti Kumparan (coil ) tidak rusak/terbakar ( motor Fan masih berfungsi atau berputar ). Kalau Anda masih sangsi silahkan Anda coba dengan hati-hati hubungkan kedua kaki Motor fan tersebut dengan Arus listrik 220 volt, Jika tidak berputar itu berarti Motor Fan macet, silahkan Anda ganti dengan yang baru.
Tidak di anjurkan buat pengguna / pemakai kulkas untuk menangani hal ini, Call Teknisi.

5- Cooper Strainer atau Filter kulkas, ini sering kali juga meyebabkan Kulkas tidak dingin karena di dalamnya sudah terlalu kotor (timbulnya penyumbatan) sehingga mengganggu sirkulasi Refrigrant (di kenal dengan sebutan Freon) yang juga melewati pipa kapiler ( Pipa kapiler adalah pipa dengan lubang yg diameternya amat kecil sekali, mulai dari 0.27″ 0.31″ 0.54″ dan 0.70″ ).
Pipa kapiler berfungsi sebagai pengubah freon yg berwujud gas agar menjadi cair, didalam pipa kapiler freon berdesak-desakan lalu masuk kedalam evaporator.
Didalam evaporator freon menguap dan mengambil panas, dengan semburan freon yg berbentuk cair.
Sehingga pipa-pipa di Evaporator menjadi dingin. )saran dari kami lepaskan dan ganti dengan yang baru.
Tidak di anjurkan buat pengguna / pemakai kulkas untuk menangani hal ini, Call Teknisi.

6- Compressor Kulkas Nah…kalau yang ini adalah jantungnya Kulkas, Compressor si pemompa Refrigrant (Freon). Timbul Efeknya kerusakan pada Compressor kulkas adalah tegangan listrik yang tidak stabil (naik turun) / tegangan terlalu rendah sehingga kinerja Compressor menjadi berat ( saran dari kami pasang STAVOLT / STABILIZER ) untuk menghindari tegangan yang tidak stabil, beban muatan melebihi kapasitas kulkas, Kulkas terlalu dekat dengan dinding/tembok rumah, beri jarak antara body kulkas dengan dinding minimal 30 cm untuk sirkulasi udara yang lebih baik, jangan terlalu lama membuka pintu kulkas, pastikan kedua pintu kulkas tertutup rapat saat Anda tinggalkan.
Di anjurkan buat pengguna / pemakai kulkas.

Cara di atas tersebut tergantung bagaimana kebiasaan Anda memperbaiki kulkas, sedikit dari kami berbagi info, mudah-mudahan bermanfaat untuk pembaca semua, jika ada kesalahan dalam penulisan Artikel silahkan beri kami saran dan keritik Anda lewat kotak komentar di bawah ini, Terima Kasih.

Cara penggantian kompressor kulkas
  Bila anda tidak mengetahui besarnya kapasitas compressor/pk lemari es yg akan anda ganti, sebaiknya anda mencatat kode/type lemari es tersebut lalu anda tanyakan pada showroom merk lemari es tersebut.
bila compressor yg akan anda ganti kapasitasnya kebesaran atau kekecilan akan membuat kinerja lemari es tersebut bekerja tidak maksimal.
perlu juga anda ketahui pengisian freon pada lemari es, tidak semudah melakukan pengisian freon pada ac split.

ini dikarenakan lemari es menggunakan pipa kapiler yg ukurannya berbeda dengan pipa kapiler yg digunakan pada ac split dan ac window.
dengan pipa kapiler yg berukuran kecil membuat rentan terhadap kebuntuan aliran freon jika ada kotoran yg terbawa pada saat freon mengalir.
ganti strainer dan pipa kapiler dengan yg baru bila anda ingin mengganti compressor yg rusak dengan compressor yg baru.

alat yg dibutuhkan untuk mengganti compressor lemari es adalah:

1. alat-alat pengelasan yaitu tabung lpg dan tabung oksigen.
2. manifold.
3. freon 12 atau freon 134A tergantung pada data spesifikasi yg ada pada lemari es.
4. pentil pengisian freon.
5. perak/kawat las tembaga.
6. pemotong pipa/cutter
7. flare-nut/flereng
8. tools/kunci perkakas

compressor lemari es ada dua macam yaitu:
1. compressor piston
2. compressor rotary
compressor piston banyak dipakai pada lemari es satu pintu dan dua pintu, tapi pada lemari es dua pintu ada juga yg memakai compressor jenis rotary.
dalam hal kwalitas sudah jelas compressor jenis pistonlah yg paling handal dibandingkan dengan compressor jenis rotary.

saya pernah mengganti compressor lemari es dengan jenis rotary, pada hari pertama sampai hari ketiga, lemari es tidak ada masalah(dalam keadaan dingin/normal).
pada hari keempat lemari es mengalami kebuntuan aliran freon pada pipa kapiler yg menyebabkan compressor rotary mengalami kerusakan pada bagian klep compressor.

mau tidak mau saya harus mengganti compressor yg rusak itu dengan compressor yg baru kembali.
tapi tidak saya ganti dengan type compressor yg sama, saya menggantinya dengan compressor berjenis piston walaupun saya harus membuat dudukan tambahan karena ruang dudukan compressor rotary yg begitu sempit.
karena compressor rotary pada lemari es berbentuk tabung dan berposisi horizontal dalam penempatannya.

compressor piston pada lemari es, pipa keluarannya ada yg tiga buah dan lima buah.
adapun pipa-pipa yg keluar tiga buah adalah:
- satu pipa tekan/discharge.
- satu pipa hisap/suction.
- satu pipa untuk pengisian freon.

pipa-pipa yg keluar lima buah adalah:
- satu pipa tekan/discharge
- satu pipa hisap/suction
- satu pipa untuk pengisian freon.
- dua pipa untuk pendinginan oli compressor yg terletak pada bagian bawah compressor.

sebelum kita melepaskan compressor yg rusak yaitu dengan cara memanaskan sambungan pipa tekan dan sambungan pipa hisap dengan menggunakan alat pengelasan.
dan sebelum anda melakukan pelepasan pipa yg berada dibagian compressor, cabut kabel-kabel yg menuju ke compressor dan pastikan freon pada sistem pendingin/lemari es, sudah anda buang !!! semuanya.
yaitu dengan cara memutuskan ujung dari pipa ukuran 1/8 (panjang sekitar 10 cm) yg berada pada strainer atau membuangnya lewat pentil pengisian freon.

setelah compressor terlepas dari dudukannya pasang compressor yg baru, bila compressor yg anda ganti menggunakan starting capassitor berarti ada tiga kabel yg menuju ke terminal compressor, jika tidak menggunakannya berarti hanya dua kabel yg menuju ke compressor.
saya sarankan sebelum melakukan pengelasan, coba dulu menjalankan compressor.
sebab bila ujung pipa sudah di las, compressor mengalami kerusakan/macet kita tidak dapat menukarnya kembali.

bila compressor dapat beroperasi barulah anda melakukan pengelasan pada pipa tekan dan pipa hisap.
bila jalur pipa tekan terbuat dari besi, sewaktu anda mengelas pergunakan boraks agar jalur pipa tekan dapat menyatu dengan pipa tekan tembaga yg keluar dari comppressor.

setelah pengelasan pipa hisap dan pipa tekan sudah selesai, beralih pada pengelasan pentil pengisian freon.
sewaktu melakukan pengelasan pentil, buka pentil agar seal/karet tidak meleleh terkena hantaran panas, setelah terpasang dan lap dengan kain basah agar hawa panas pada pentil menghilang, setelah itu pasang kembali pentil seal dan kencangkan.

beralih ketahap pemasangan strainer, terserah anda mau memakai strainer isi silica gel atau strainer kosong/tanpa isi silica gel.
strainer, lubang pengeluaran untuk pipa kapiler ada yg 2 lubang dan 1 lubang (yg dua lubang satunya buat vakum, pasang kapiler 10 cm dan ujungnya biarkan terbuka jgn dilas.)
bila pipa kapiler yg berada pada lemari es anda tidak dapat diganti/heat exchanger (pipa kapiler berada didalam jalur pipa hisap/suction) dan pipa kapiler mengalami kebuntuan, anda dapat menggantinya dengan cara melepaskan evaporator yaitu dengan cara memanaskan dengan alat las, tapi sebelumnya luruskan pipa kapiler agar lebih mudah menarik evaporator keluar.

pada type lemari es jaman sekarang jalur pipa suction/hisap dan kapiler dipress didalam body lemari es tersebut.
bila anda ingin mengganti pipa kapiler bisa lewat jalur pembuangan air atau membolongi body kulkas dengan bor listrik, tapi hati-hati jangan sampai mengenai pipa condenser.
jadi jalur pipa suction dan pipa kapiler berada diluar body lemari es.

setelah strainer dan pipa kapiler terpasang/sudah dilas, vakum lemari es dengan mesin vakum sampai angka 30″ bila anda tidak mempunyai mesin vakum, lakukan vakum melalui lubang strainer.
bila sudah divakum dan jarum pada manifold tidak naik keatas berarti tidak ada kebocoran pada sambungan pipa dicompressor, strainer dan pipa kapiler yg baru saja anda las.
tapi bila jarum manifold masih naik keatas berarti masih ada kebocoran, cari sampai ketemu kebocoran tersebut.
cara penggunaan manifold sudah saya pernah tulis, silahkan baca terlebih dahulu yg belum mengerti cara penggunaan manifold.

setelah tidak ada ruang kebocoran, operasionalkan lemari es, buka kran manifold pada meter biru kearah kiri sambil melihat jarum yg ada pada manifold dan isi freon secara perlahan-lahan sampai jarum menunjukan angka 20 psi, kemudian stop. (lakukan berulang-ulang jangan langsung isi sampai 20 psi agar compressor tidak cepat panas) chek juga ampere compressor dengan clamp meter/tang ampere.

liat sudah berapa tekanan freon yg sudah kita isi, sambil mendengarkan apakah ada desiran aliran freon dievaporator.
bila ada berarti aliran freon berjalan lancar, isi kembali sampai evaporator rata dipenuhi salju(ini untuk lemari es satu pintu)
untu lemari es dua pintu kita bisa melihatnya dari hembusan fan motornya dibagian pintu atas bila sudah mengeluarkan kabut berarti proses pendinginannya sudah maksimal.

untuk pengisian freon lemari es tidak dapat dilakukan secara cepat dan mudah seperti mengisi freon pada ac split dan dibutuhkan kesabaran bila ternyata setelah kita isi satu jam kemudian aliran freon mengalami kebuntuan.
untuk mengetahui lemari es yg mengalami kebuntuan, sewaktu kita melakukan pengisian freon dan manifold sudah menunjukan tekanan 10 psi lalu cabut steker lemari es dan lihat apa jarum manifold naik keatas melebihi dari 10 psi?
bila jarum dapat naik keatas berarti aliran freon pada sistem berjalan lancar.

                                untuk pertanyaan,kritik dan saran silakan commet di bawah:

21 comments on “Penyebab Kulkas Satu Pintu Tidak Dingin

  1. mantap,trims ya bos

    • sama-sama…

  2. kulkas saya polytron yang 1 pintu dan kalau di cok mau dingin hanya sebentar saja trus akan terasa panas beberapa menit berikutnya… kira-kira apa masalahnya apakah hanya bermasah di freonnya saja????,

    untuk informasinya saya ucapkan terima kasih….
    Salam,
    Yuni

    • Kebocoran freon dan tersumbatnya filter bisa membuat efektivitas lemari es turun (kulkas kurang dingin), namun mengkonsumsi listrik yang sama. Agar tidak terjadi pemborosan energi, servis lemari es 1 tahun sekali.
      Kiat hemat:

      Jangan masukkan makanan dalam kondisi panas.
      Jangan mengisi lemari hingga melebihi kapasitas sehingga pintu tidak bisa tertutup rapat.
      Karena kulkas juga membuang panas, beri jarak setidaknya 15cm dari dinding agar kinerja yang sama. Agar tidak terjadi pemborosan energi, servis lemari es 1 tahun sekali.

  3. Saya puny klks plytron sdh sbln.skrng malah g bs beku n bunyi trus, normlny ada hentiny.pinggir klksny pun g panas normlny kn pns.apa pnybbny,n apa solusiny. Trms

    • Unnggan koo ngga d blz

      • udah di balas tu..

    • Pembuat es pada lemari es memiliki motor untuk mendorong batu es agar keluar dari tempat pembeku ke tempat es. Proses ini berlangsung selama 15 menit dan terjadi setiap 1 ½ jam atau 2 jam sekali. Jika anda tidak menggunakan sambungan saluran air, anda bisa memutar tombol pembeku es ke posisi “OFF” dan ini akan menghentikan kebisingan yang terjadi.Sebagian kulkas dapat menyerap sedikit panas dari makanan hangat. Namun, menyimpan makanan panas, seperti sup panas, ke dalam kulkas dapat membahayakan makanan lainnya yang ada di kulkas. Jika suhu kulkas meningkat di atas 4 derajat Celsius, maka bakteri akan mudah berkembang biak dengan cepat. Makanan pun tidak aman untuk dikonsumsi.trms …lw belum puas silakan kembali bertanya.

  4. Nanya Nih ……. Dirumahku aq punya kulkas 1 pintu merk LG tapi belakangan ini kulkasnya bermasalah yaitu : Kulkas dihidupkan tetapi tidak dingin gimana solusinya ?

    • langsung saja ea.. hal ini bisa juga terjadi karena terjadinya kebocoran pada sistim pendingin atau pendinginya yang rusak ,untuk memperbaikinya coba perhatikan tips di bawah ini
      pertama
      ukur arus listrik yang mengalir ke kompresor dengan menggunakan tang amperbila besar arus listrik tidak sama dengan dengan arus nominal kulkas misalnya lebih besar atau malah kurang itu menandakan terjadi kerusakan pada ruang pendingin, bila semua normal ikuti langkah kedua

      kedua cek kebocoran bahan pendingin pipa, mungkin ada pipa bocor akibat berkarat padsa bagian evaporator dan bila terjadi kebocoran tutuplah dengan las ace teline.
      ke tiga
      bila tak terjadi kebocoran maka vakumkan sampai pada tekanan 29 in HG.
      setelah di vakumkan maka masukkan bahan pendingin ke sistem pendingin
      ke empat
      sebelumnya tunggulah dalam beberapa menit untuk memantau alat ukurvtekanan jika alat ukur bergerak pertanda terjadi kebocoran,nah baru setelah di pastikan tak ada kebocoran masukkan pendingin dengan cara membuka kran tabung bahan pendingin
      kelima
      perhatikan alat ukur tekanan lalu kedua keran manifold di tutup,kompresor di jalankan sampai meter ganda menunjukkan 0 sampai 5 psig dan meter tekan 80 sampai 100 psig
      ke enam
      sambil kompresor berjalan bukalahkeran dekat meter ganda sedikit dan perhatikan meter ganda jangan sampai menunjuk angka lebih dari 20 psig
      ke tuju
      bahan pendingin terus di masukkan sampai alat ukur meter tekan menunjuk mke kisaran besaran 150 sampai 175 psig lalu perhatikan evaporator dekat pipa kapiler sudah mulai mengembunterjadi bunga es lalu pengisian bahan pendingin di hentikan dengan menutup keran manifolddan tabung bahan pendingin
      ke delapan
      setelah semua syarat terpenuhi matikanlah kompresor setelah 5 menit hidupkjan kembali jika kompresor berjalan dengan mudah maka pipa dapat dibuntu dan di solder ujungnya
      kelihatan rumit namun mudah kok saat di peraktekkan salam,moga sukses.

  5. Saya mau belajar reparasi kulkas secara online, bisa bantu saya.

    • ok,yhank langsung saja ne..tapi di sini agan tidak menyebutkan di bagian mana yang harus di reparasi?
      untuk sementara saya akan menjelaskan sedikit tentang reparasi kulkas di bagian Cara penggantian kompressor kulkas.
      Bila anda tidak mengetahui besarnya kapasitas compressor/pk lemari es yg akan anda ganti, sebaiknya anda mencatat kode/type lemari es tersebut lalu anda tanyakan pada showroom merk lemari es tersebut.
      bila compressor yg akan anda ganti kapasitasnya kebesaran atau kekecilan akan membuat kinerja lemari es tersebut bekerja tidak maksimal.
      perlu juga anda ketahui pengisian freon pada lemari es, tidak semudah melakukan pengisian freon pada ac split.

      ini dikarenakan lemari es menggunakan pipa kapiler yg ukurannya berbeda dengan pipa kapiler yg digunakan pada ac split dan ac window.
      dengan pipa kapiler yg berukuran kecil membuat rentan terhadap kebuntuan aliran freon jika ada kotoran yg terbawa pada saat freon mengalir.
      ganti strainer dan pipa kapiler dengan yg baru bila anda ingin mengganti compressor yg rusak dengan compressor yg baru.

      alat yg dibutuhkan untuk mengganti compressor lemari es adalah:

      1. alat-alat pengelasan yaitu tabung lpg dan tabung oksigen.
      2. manifold.
      3. freon 12 atau freon 134A tergantung pada data spesifikasi yg ada pada lemari es.
      4. pentil pengisian freon.
      5. perak/kawat las tembaga.
      6. pemotong pipa/cutter
      7. flare-nut/flereng
      8. tools/kunci perkakas

      compressor lemari es ada dua macam yaitu:
      1. compressor piston
      2. compressor rotary
      compressor piston banyak dipakai pada lemari es satu pintu dan dua pintu, tapi pada lemari es dua pintu ada juga yg memakai compressor jenis rotary.
      dalam hal kwalitas sudah jelas compressor jenis pistonlah yg paling handal dibandingkan dengan compressor jenis rotary.

      saya pernah mengganti compressor lemari es dengan jenis rotary, pada hari pertama sampai hari ketiga, lemari es tidak ada masalah(dalam keadaan dingin/normal).
      pada hari keempat lemari es mengalami kebuntuan aliran freon pada pipa kapiler yg menyebabkan compressor rotary mengalami kerusakan pada bagian klep compressor.

      mau tidak mau saya harus mengganti compressor yg rusak itu dengan compressor yg baru kembali.
      tapi tidak saya ganti dengan type compressor yg sama, saya menggantinya dengan compressor berjenis piston walaupun saya harus membuat dudukan tambahan karena ruang dudukan compressor rotary yg begitu sempit.
      karena compressor rotary pada lemari es berbentuk tabung dan berposisi horizontal dalam penempatannya.

      compressor piston pada lemari es, pipa keluarannya ada yg tiga buah dan lima buah.
      adapun pipa-pipa yg keluar tiga buah adalah:
      - satu pipa tekan/discharge.
      - satu pipa hisap/suction.
      - satu pipa untuk pengisian freon.

      pipa-pipa yg keluar lima buah adalah:
      - satu pipa tekan/discharge
      - satu pipa hisap/suction
      - satu pipa untuk pengisian freon.
      - dua pipa untuk pendinginan oli compressor yg terletak pada bagian bawah compressor.

      sebelum kita melepaskan compressor yg rusak yaitu dengan cara memanaskan sambungan pipa tekan dan sambungan pipa hisap dengan menggunakan alat pengelasan.
      dan sebelum anda melakukan pelepasan pipa yg berada dibagian compressor, cabut kabel-kabel yg menuju ke compressor dan pastikan freon pada sistem pendingin/lemari es, sudah anda buang !!! semuanya.
      yaitu dengan cara memutuskan ujung dari pipa ukuran 1/8 (panjang sekitar 10 cm) yg berada pada strainer atau membuangnya lewat pentil pengisian freon.

      setelah compressor terlepas dari dudukannya pasang compressor yg baru, bila compressor yg anda ganti menggunakan starting capassitor berarti ada tiga kabel yg menuju ke terminal compressor, jika tidak menggunakannya berarti hanya dua kabel yg menuju ke compressor.
      saya sarankan sebelum melakukan pengelasan, coba dulu menjalankan compressor.
      sebab bila ujung pipa sudah di las, compressor mengalami kerusakan/macet kita tidak dapat menukarnya kembali.

      bila compressor dapat beroperasi barulah anda melakukan pengelasan pada pipa tekan dan pipa hisap.
      bila jalur pipa tekan terbuat dari besi, sewaktu anda mengelas pergunakan boraks agar jalur pipa tekan dapat menyatu dengan pipa tekan tembaga yg keluar dari comppressor.

      setelah pengelasan pipa hisap dan pipa tekan sudah selesai, beralih pada pengelasan pentil pengisian freon.
      sewaktu melakukan pengelasan pentil, buka pentil agar seal/karet tidak meleleh terkena hantaran panas, setelah terpasang dan lap dengan kain basah agar hawa panas pada pentil menghilang, setelah itu pasang kembali pentil seal dan kencangkan.

      beralih ketahap pemasangan strainer, terserah anda mau memakai strainer isi silica gel atau strainer kosong/tanpa isi silica gel.
      strainer, lubang pengeluaran untuk pipa kapiler ada yg 2 lubang dan 1 lubang (yg dua lubang satunya buat vakum, pasang kapiler 10 cm dan ujungnya biarkan terbuka jgn dilas.)
      bila pipa kapiler yg berada pada lemari es anda tidak dapat diganti/heat exchanger (pipa kapiler berada didalam jalur pipa hisap/suction) dan pipa kapiler mengalami kebuntuan, anda dapat menggantinya dengan cara melepaskan evaporator yaitu dengan cara memanaskan dengan alat las, tapi sebelumnya luruskan pipa kapiler agar lebih mudah menarik evaporator keluar.

      pada type lemari es jaman sekarang jalur pipa suction/hisap dan kapiler dipress didalam body lemari es tersebut.
      bila anda ingin mengganti pipa kapiler bisa lewat jalur pembuangan air atau membolongi body kulkas dengan bor listrik, tapi hati-hati jangan sampai mengenai pipa condenser.
      jadi jalur pipa suction dan pipa kapiler berada diluar body lemari es.

      setelah strainer dan pipa kapiler terpasang/sudah dilas, vakum lemari es dengan mesin vakum sampai angka 30″ bila anda tidak mempunyai mesin vakum, lakukan vakum melalui lubang strainer.
      bila sudah divakum dan jarum pada manifold tidak naik keatas berarti tidak ada kebocoran pada sambungan pipa dicompressor, strainer dan pipa kapiler yg baru saja anda las.
      tapi bila jarum manifold masih naik keatas berarti masih ada kebocoran, cari sampai ketemu kebocoran tersebut.
      cara penggunaan manifold sudah saya pernah tulis, silahkan baca terlebih dahulu yg belum mengerti cara penggunaan manifold.

      setelah tidak ada ruang kebocoran, operasionalkan lemari es, buka kran manifold pada meter biru kearah kiri sambil melihat jarum yg ada pada manifold dan isi freon secara perlahan-lahan sampai jarum menunjukan angka 20 psi, kemudian stop. (lakukan berulang-ulang jangan langsung isi sampai 20 psi agar compressor tidak cepat panas) chek juga ampere compressor dengan clamp meter/tang ampere.

      liat sudah berapa tekanan freon yg sudah kita isi, sambil mendengarkan apakah ada desiran aliran freon dievaporator.
      bila ada berarti aliran freon berjalan lancar, isi kembali sampai evaporator rata dipenuhi salju(ini untuk lemari es satu pintu)
      untu lemari es dua pintu kita bisa melihatnya dari hembusan fan motornya dibagian pintu atas bila sudah mengeluarkan kabut berarti proses pendinginannya sudah maksimal.

      untuk pengisian freon lemari es tidak dapat dilakukan secara cepat dan mudah seperti mengisi freon pada ac split dan dibutuhkan kesabaran bila ternyata setelah kita isi satu jam kemudian aliran freon mengalami kebuntuan.
      untuk mengetahui lemari es yg mengalami kebuntuan, sewaktu kita melakukan pengisian freon dan manifold sudah menunjukan tekanan 10 psi lalu cabut steker lemari es dan lihat apa jarum manifold naik keatas melebihi dari 10 psi?
      bila jarum dapat naik keatas berarti aliran freon pada sistem berjalan lancar.thank atas komennya.

  6. kalau kulkas make r 600 bisa ga di ganti pake r134

    • bisa…

    • bisa

  7. pak saya mau naya kalau mesin kulkas kita mati tapi pakai r600 bisa ga saya ganti kompresor r134

    • bisa gan…

  8. gan kulkas sya kemaren sy bersihkan karna banyak es beku a saaya congkel pake pesau.. ee setelah berssih kokngk dingin ya gan apa masalah nya

    • masalahnya sama yang punya rah nika,liat aja penjelasannya di situ…ok?

  9. klau kenak benja tajam seperti besi itu gmana cara bagus in nya ?
    tempat pembeku nya gak mau beku lagi

    • caranya…dengan menggunakan lem besi yaitu lem dalam tube kecil yang satu berwarna hitam dan yang satunya berwarna putih dan dapat anda beli pada toko bangunan. campurkan dengan takaran yang sama antara putih dan hitam, dalam waktu lima menit lem akan menjadi keras seperti batu. untuk hasil yang maksimal, usahakan sebelum menempelkan lem besi pada evaporator lemari es satu pintu yang tertusuk benda tajam, evaporatornya diamplas dan besihkan dengan lap kering terlebih dahulu. dan anda pastikan dalam evaporator sudah tidak ada lagi tekanan sisa freon. setelah diamplas sampai catnya hilang, barulah anda aduk lem tersebut. setelah campurannya rata, tempelkan atau letakan pada lubang evaporator yg mengalami kebocoran tersebut dan biarkan sampai beberapa jam. bila masih ada tekanan freon pada tempat yang bocor, biarkan sisa freonnya habis terlebih dahulu, setelah habis sisa freonnya barulah melakukan penambalan dengan lem besi tersebut. cara diatas hanya untuk menekan biaya pembelian evaporator, sehingga pengeluaran biaya perbaikan lemari es anda tidaklah begitu besar, cukup mengeluarkan biaya pengisian freonnya saja. thank.

Berikan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s