Beberapa Type dan Jenis Kabel Listrik


Sebelum kita memasang instalasi listrik alangkah baiknya kita tahu dulu kualitas dan juga kegunaan kabel itu sendiri. disini aku ingin paparkan beberapa jenis kabel yang biasa dipakai untuk installasi listrik baik bersifat diluar rumah atau didalam rumah.

pada umumnya kable listrik yang digunakan di bedakan menjadi 3 yaitu kabel NYA, kabel NYM dan kabel NYY. ketiga jenis kabel ini tentu mempunyai kekauatan dan tujuan tertentu. apakah anda tahu kalau kable yang berkualitas akan menyuplay arus listrik lebih stabil. langsung saja kita bahas beberapa jenis kabel listrik. Kemampuan hantar sebuah kabel listrik ditentukan oleh KHA (kemampuan hantar arus) yang dimilikinya dalam satuan Ampere. Kemampuan hantar arus ditentukan oleh luas penampang konduktor yang berada dalam kabel listrik. Sedangkan tegangan listrik dinyatakan dalam Volt, besar daya yang diterima dinyatakan dalam satuan watt.
Pada tegangan 220 Volt dan KHA 10 Ampere, sebuah kabel listrik dapat menyalurkan daya sebesar 220V x 10A = 2200 Watt.

1.kabel NYA

kabel NYA

Biasanya digunakan untuk instalasi rumah dan sistem tenaga. Dalam instalasi rumah digunakan ukuran 1,5 mm2 dan 2,5 mm2. Berinti tunggal, berlapis bahan isolasi PVC, dan seringnya untuk instalasi kabel udara. Kode warna isolasi ada warna merah, kuning, biru dan hitam. Kabel tipe ini umum dipergunakan di perumahan karena harganya yang relatif murah. Lapisan isolasinya hanya 1 lapis sehingga mudah cacat, tidak tahan air dan mudah digigit tikus.
Agar aman memakai kabel tipe ini, kabel harus dipasang dalam pipa/conduit jenis PVC atau saluran tertutup. Sehingga tidak mudah menjadi sasaran gigitan tikus, dan apabila ada isolasi yang terkelupas tidak tersentuh langsung oleh orang.

2.kabel NYM
Kabel NYM

Digunakan untuk kabel instalasi listrik rumah atau gedung dan sistem tenaga. Kabel NYM berinti lebih dari 1, memiliki lapisan isolasi PVC (biasanya warna putih atau abu-abu), ada yang berinti 2, 3 atau 4. Kabel NYM memiliki lapisan isolasi dua lapis, sehingga tingkat keamanannya lebih baik dari kabel NYA (harganya lebih mahal dari NYA). Kabel ini dapat dipergunakan dilingkungan yang kering dan basah, namun tidak boleh ditanam. untuk ketahaan kabel ini tentu lebih tahan daripada kabel NYA karena terlapisi 3 isolator

3.kabel NYY
Kabel NYY

Memiliki lapisan isolasi PVC (biasanya warna hitam), ada yang berinti 2, 3 atau 4. Kabel NYY dieprgunakan untuk instalasi tertanam (kabel tanah), dan memiliki lapisan isolasi yang lebih kuat dari kabel NYM (harganya lebih mahal dari NYM). Kabel NYY memiliki isolasi yang terbuat dari bahan yang tidak disukai tikus. kabel ini cocok sekali ditanam di tembok gedung atau di bawah permukaan tanah.

dari ketiga jenis kabel diatas baisa dipakai untuk instalasi listri rumahan. dengan ketahanan dan juga kwalitas dari kabel itu sendiri. tips saya buat anda yang mungkin ingin memasang instalasi listrik pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan anda dan juga tak kalah petingnya yaitu standart kabel tersebut karena sekarng ini banyak sekali kabel-kabel yang tidak standart pemakian beredar dipasaran yang mempunyai mutu kurang baik. jangan pernah tergiyur dengan kemurah kabel yang ditawarkan namun kualiatas kabel itu sendiri yang kita utamakan, karena kabel instalasi rumah bersifat jangka panjang, mungkin hanya itu tips yang bisa aku bagikan buat anda.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s